Apple Resmi Luncurkan iPad 3

Friday, 9 March 2012     (hits 1140)

Apple merilis tablet generasi ketiga di San Francisco, California, Amerika Serikat, hari ini. Perusahaan yang pernah dipimpin Steve Jobs ini mengakhiri spekulasi tentang wujud tablet teranyarnya.

Seperti yang pernah diisukan, iPad 3 memiliki layar retina display selebar 9,7 inci dengan resolusi 2048 x 1536 piksel. Tablet ini bekerja dengan prosesor A5X dan cip grafis quad-core. 'Sabak' digital yang mampu bekerja di jaringan 4G LTE ini dilengkapi dengan kamera 5 megapiksel.

Phil Schiller, Vice President of Product Marketing Apple, mengatakan jenis layar yang dipakai pada iPad ini mampu menampilkan gambar lebih detil dan tajam.

"Ini menjadi resolusi terbesar dari perangkat mobile yang pernah ada," kata Schiller seperti dikutip Techradar, Kamis, 8 Maret 2012. Dia menambahkan, warna yang ditampilkan iPad tersebut juga 44 persen lebih jernih dan akurat.

Di Amerika Serikat, iPad 3 akan dijual dalam dua versi melalui operator selular Verizon dan AT&T. Masing-masing memiliki kecepatan data lebih dari 21 Mbps di jaringan HSPA+ dan 73 Mbps untuk LTE.

Dari sisi desain, iPad terbaru ini memang lebih berat, namun lebih tipis ketimbang pendahulunya. Bobotnya 653 gram, sementara iPad 2 seberat 603 gram. Sementara selilih ketipisannya hanya 0,6 milimeter.

Soal daya tahan baterai, Schiller mengatakan iPad 3 mampu bekerja selama 10 jam dengan terkoneksi Internet melalui Wi-Fi dan 9 jam di jaringan 4G.

Untuk aplikasi, iPad 3 telah dioptimasi untuk menjalankan konten High Definition (HD) di layanan iMovie dan iPhoto. Dia menjanjikan, semua aplikasi yang dibuat pihak ketiga atau developer otomatis langsung disesuaikan dengan resolusi layar yang tajam.

Sayangnya, di iPad 3 ini tidak ada Siri. Namun di dalamnya, Apple membenamkan software pengenalan suara.

Schiller mengatakan iPad 3 akan tersedia di Apple Store di Amerika Serikat, Kanada, Australia, Inggris, Prancis, Jerman, Switzerland, Japan, Hong Kong dan Singapore mulai 16 Maret mendatang. Sementara mereka yang sudah tak sabar ingin memiliki tablet ini bisa melakukan pemesanan sekarang.

Mengenai harga, Apple membanderol iPad 3 versi Wi-Fi berkapasitas 16 gigabita mulai US$ 629 (sekitar Rp 5,6 juta). Seperti biasa, hanya ada dua warna yang tersedia, hitam dan putih. (*/Tempo.co)