ECIPUTRA merupakan situs jual beli online gratis persembahan Ciputra ... Pasang iklan gratis sekarang dan baca artikel bisnis hanya di eciputra.com.

Wednesday, 30 January 2013     (hits 1076)

Akhir-akhir ini sebuah startup menjadi sorotan. Situs tersebut ialah Etsy, sebuah 'pasar' online yang berpusat di Brooklyn, New York. Situs ini memiliki keunikan tersendiri karena secara khusus mengakomodasi para penggemar barang-barang kerajinan tangan dan antik yang tidak dapat diperoleh di pusat-pusat perbelanjaan yang kita temui di area-area ramai. Dan situs jual beli kerajinan tangan ini terus menarik perhatian banyak pihak, termasuk media. 

 

Barang-barang yang dijual di Etsy.com beragam, dari benda seni, foto, pakaian, perhiasan, aksesoris, makanan, produk pembersih badan, selimut bahkan hingga mainan anak-anak. Semuanya dihasilkan dengan tangan manusia, dan lebih sedikit menggunakan mesin. 

 

Etsy mencetak untung dengan memungut biaya 20 sen per barang dan mendapatkan komisi 3,5% dari setiap barang yang terjual via situsnya. Etsy mempermudah transaksi dengan memberikan sejumlah opsi pembayaran populer seperti PayPal, kartu kredit, cek, kartu hadiah, dan sebagainya. Mayoritas penggunanya adalah para wanita dengan pendidikan relatif tinggi dan berusia muda.

 

Banyak orang juga menjual benda-benda seperti itu. Namun, Etsy.com berbeda. Mereka menjual benda-benda dengan usia setidaknya 20 tahun. Situs ini meniru konsep pameran kerajinan yang terbuka bagi semua penjual namun dengan memberikan kebebasan untuk memajang barang-barang mereka dalam situs. Tarifnya 20 sen untuk setiap produk yang dipajang. 

 

Bisnis unik ini didirikan oleh Robert Kalin , Chris Maguire dan Haim Schoppik di tanggal 18 Juni 2005. Mereka tergabung dalam perusahaan Iospace. Proses pembuatan versi awal Etsy membutuhkan waktu 2,5 bulan. Sejumlah profesional muda bergabung setelahnya. 

 

Kalin mengatakan bahwa ia mengambil nama "Etsy" karena ia ingin sebuah kata yang tidak bermakna yang dapat ia bangun sebagai sebuah brand. Ia mengaku mendapat inspirasi saat menonton Fellini 8 1/2. Kata "etsi" dalam bahasa Italia diucapkan berkali-kali dan dalam bahasa Latin maknanya serupa dengan "dan jika".

 

Di tahun pertamanya, Etsy menarik perhatian banyak pihak karena mampu menambahkan banyak alat yang memudahkan pengguna dan fungsionalitas baru ke dalam situsnya untuk memudahkan penjual mendapatkan publikasi dan kunjungan dari pengguna Internet yang ingin berjual beli barang antik dan kerajinan tangan . Etsy menampilkan visualisasi yang berbasis Adobe Flash dan pengelompokan dengan tags. Etsy sukses meraup penjualan senilai US$ 1,7 juta per Mei 2007. Pada tanggal 29 Juli 2007, Etsy sanggup menjual 1 juta produk dan menargetkan angka penjualan yang 2 kali lipat lebih tinggi di pertengahan Desember 2007. Di bulan Juni 2007, Etsy berambisi meraup laba di musim gugur namun bahkan hingga Desember 2007, Etsy gagal menjadi perusahaan yang profitable.  Bulan Januari 2008, Etsy menerima pendanaan tambahan sejumlah 27 juta dollar dari Union Square Ventures, Hubert Media, dan Jim Breyer.

 

Etsy dianggap mampu bersaing dengan eBay, apalagi eBay menghadapi masalah kepuasan pelanggan. Dengan kelebihan fitur "Shop Local " dan opsi pencarian khususnya yang lebih baik dari perusahaan sebesar eBay. Namun, Etsy juga dikritisi karena dianggap terlalu berfokus di pasar AS.

 

Bulan Juli 2008, CEO Etsy Maria Thomas mundur dari jabatannya dan dua pendiri Haim Schoppik dan Chris Maguire bahkan meninggalkan perusahaan itu. Rupanya di saat yang sama, Etsy tengah menghadapi masalah karena muncul kecemasan karena sebagian penjual menjual produk yang bukan milik mereka sendiri.

 

Komunitas pengguna Etsy mempromosikan Etsy di Twitter dengan berpromosi dengan menggunakan tagar "etsyday". Sejak bulan Mei 2009, Etsy kira-kira telah memiliki 60 staf dan penjualannya bahkan mencapai kisaran 10-13 juta dollar per bulan. Diperkirakan banyak orang tertarik untuk memiliki barang-barang murah dan memiliki sensasi personal di dalamnya, karena kondisi ekonomi AS yang suram.

 

Dalam perjalanannya, Etsy menghadapi sejumlah kritik terkait penerapan kebijakannya yang melarang reseller untuk masuk menjual barang. Ini menjadi bagian dari Ketentuan Pelayanan Etsy yang sering diakali oleh pedagang 'nakal'. Etsy dianggap tidak proaktif dalam memberikan sanksi pada pelanggar semacam ini.

 

Pertengahan 2012, Etsy mendapatkan pendanaan seri F dan mengumumkan bahwa perusahaan tersebut mengantongi sertifikat Korporasi B. Pendanaan ini menjadi pondasi bagi Etsy untuk merengkuh pasar luar negeri selain AS, seperti Prancis, Jerman dan Australia.

 

Para penjual di Etsy tidak hanya mereka yang gemar dengan barang antik tetapi juga seniman profesional yang tertarik menggunakan situs ini sebagai sarana mencari nafkah. Menurut para seniman yang mengandalkan Etsy sebagai toko utama mereka, memperbesar skala produksi barang kerajinan tangan sangat menyita waktu dan tenaga terutama selama musim liburan yang ditandai dengan naiknya daya beli masyarakat.

 

Baru-baru ini Etsy mengumumkan pihaknya mendapat pendanaan kembali. Seperti dikutip dari blog resmi Etsy, Kalin menyatakan perusahaannya berhasil meyakinkan investor untuk mencurahkan 27 juta dollar dalam pendanaan seri D.

 

Etsy diketahui hampir mencapai titik impas, seperti kata Kalin dalam artikel blognya. Dengan modal lebih banyak, perusahaan itu berambisi akan mencapai sejumlah tujuan baru. Misinya tidak hanya meliputi aspek profit tetapi juga sosial. (*AP)

Artikel Bisnis - Jual Beli Online - Toko Online - Iklan Gratis