5 Persiapan Perjalanan Bisnis

Thursday, 21 March 2013     (hits 2187)

Bagi pebisnis, perjalanan bisnis bisa jadi rutinitas yang sering dilakukan. Perjalanan bisnis biasa dilakukan untuk mengikuti konferensi, meeting, atau untuk bertemu dengan klien potensial. Agar perjalanan bisnis dapat berjalan lancar, ada beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan:

1. Ada baiknya Anda melakukan persiapan, mulai dari transportasi, akomodasi hotel, dan reservasi mobil selama Anda berada di lokasi perjalanan. Setelah itu, tentukan tujuan yang ingin Anda capai dari perjalanan bisnis ini. Susun rencana agar tiap harinya Anda bisa bekerja dengan produktif.

2. Jika Anda punya hari lebih dalam perjalanan bisnis tersebut, tidak ada salahnya mencari tahu siapa saja yang bisa Anda temui di kota itu. Tentunya yang masih berkaitan dengan bisnis dan pekerjaan Anda. Coba atur jadwal dengan klien, vendor, atau staff dari perusahaan Anda untuk menjalin hubungan kerja sama yang lebih baik.

3. Apabila Anda akan melakukan presentasi, kirim email berisi presentasi Anda ke pihak penyelenggara. Hal ini agar Anda bisa mendiskusikan terlebih dulu isi presentasi dan melakukan revisi jika memang perlu dilakukan.

4. Saat melakukan perjalanan bisnis, kemas barang-barang keperluan Anda dalam koper yang tidak terlalu besar. Jika Anda bepergian dengan pesawat, bisa juga dibagi dalam dua koper, yaitu satu untuk Anda bawa ke dalam pesawat yang berisi barang-barang penting, misalnya berkas-berkas, pakaian kerja, dan laptop. Lalu koper kedua bisa berisi barang cadangan atau yang kurang penting.

5. Jangan lupa membawa laptop, buku alamat, agenda, dan barang-barang lainnya yang Anda butuhkan saat melakukan perjalanan bisnis. Simpan file-file penting di flash disk untuk mengantisipasi jika laptop Anda tiba-tiba mengalami gangguan. Pastikan juga Anda membawa cukup kartu nama yang bisa Anda berikan saat melakukan pertemuan bisnis . (as/ehow)