Inilah Rencana Keuangan untuk Anak Muda

Thursday, 25 April 2013     (hits 3208)

 

Artikel Bisnis

Bagi kebanyakan orang muda, merencanakan keuangan adalah hal membosankan dan bisa dilakukan nanti saja. Namun, untuk mempersiapkan masa depan Anda sebaiknya perencanaan keuangan sebaiknya sudah dilakukan sejak dini, minimal sejak Anda sudah memiliki penghasilan.

Berikut adalah rencana keuangan yang wajib dilakukan bagi anak muda seperti Anda:

1. Dana darurat
Di usia ini, kebutuhan Anda umumnya belum terlalu banyak. Oleh karena itu, ini saat yang tepat untuk mengumpulkan dana darurat. Anda bisa menabung hingga jumlahnya mencapai 6 bulan gaji Anda, lalu jangan ganggu tabungan tersebut. Dana darurat ini baru boleh Anda gunakan ketika Anda kehilangan pekerjaan dan tidak mendapatkan penghasilan sama sekali.

2. Hindari utang kartu kredit
Sejak awal, bila Anda memutuskan untuk memiliki kartu kredit, pastikan Anda selalu melunasi tagihan yang datang tiap bulan. Sebelum menggunakan kartu kredit, Anda sebaiknya mengingat-ingat jumlah yang harus Anda bayarkan nanti. Jangan sampai di usia 30-an Anda malah direpotkan oleh hutang kartu kredit.

3. Cari pekerjaan impian
Di usia ini Anda masih bisa melompat-lompat dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Oleh karena itu, pergunakan waktu Anda untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion dan membahagiakan Anda sehingga di akhir 20-an Anda sudah bisa memutuskan di mana akan menetap.  Di usia ini Anda belum punya tanggungan dan dengan dana darurat Anda tidak perlu terlalu khawatir akan menganggur. Ambillah tantangan!

4. Rencanakan dana pensiun
Mungkin, Anda merasa pensiun masih lama, tetapi justru mempersiapkan dana pensiun haruslah sejak dini. Anda bisa mulai menyisihkan penghasilan Anda per tahun untuk dana pensiun. Seiring bertambahnya usia, tambah pula persentase tabungan dana pensiun Anda. (as/ehow)

Eciputra.com , Ciputraentrepreneurship.com , Ciputranews.com , Properti.net